Senin, 16 November 2020

Gorengan Khas Daerah Minangkabau


  Namanya sala lauak. Sala lauak merupakan kuliner tradisional asal Minangkabau dari daerah pesisir tepatnya kabupaten pariaman sumatra barat yang berjenis gorengan.

Sala lauak merupakan panganan berbentuk bulat dan rasanya gurih. Sala bisa diartikan sebagai goreng dalam bahasa Indonesia, sedangkan lauak berarti ikan. Jadi, sala lauak sebenarnya adalah sekumpulan daging ikan asin halus yang dibuat menjadi bentuk bulat-bulat kecil, kemudian digoreng

Biasanya menjadi cemilan maupun pelengkap makanan yang memiliki bentuk seperti bola dan berwarna kuning kecoklatan atau coklat keemasan. Ukurannya dapat sebesar bola pimpong atau ukuran bola kelereng besar maupun berukuran kecil tergantung daerahnya.

selain memiliki bentuk seperti bola juga tersedia juga dalam kripik nan renyah dengan tetap rasa sama yang lebih tahan lama walau tanpa pengawet jadi bisa di bawa atau dikirim sebagai oleh oleh untuk keluarga atau rekan 

 


Ketika mencicip sala lauak ini, pertama akan merasakaan tekstur renyah di bagian luarnya, kemudian bagian dalamnya yang lebih lembut akan terasa asin dan gurih, dengan cita rasa ikan asih yang menyeruak dalam mulut.

Ditambah dengan aroma rempah berasal dari bumbu yang ditambahkan didalamnya terutama dari potongan daun kunyit ini yang menjadi ciri khasnya. Sangat menggiurkan sekali sehingga membuat lidah ini ingin terus mencicipinya. Tidak lupa juga rasa sedikit pedas dari cabe membuat menambah sensasi tersendiri ketika mencoba kuliner yang sangat pas dijadikan sebagai kudapan sehari-hari karena cocok untuk segala usia.


Baca Lainnya