Ada Terminal Baru, Terbang dari Jambi ke Medan dan Padang Tak Perlu Transit



Jambi
-Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi yang resmi dioperasikan hari ini oleh PT Angkasa Pura II (Persero) membuat penerbangan dari dan ke Jambi menjadi lebih mudah. Terminal baru diyakini dapat meningkatkan jumlah penumpang pesawat sehingga penerbangan dari dan ke Jambi bisa lebih efisien.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Budi Karya Sumadi, ‎menuturkan bahwa sejumlah rute akan dipersingkat dengan adanya terminal bandara baru ini. Misalnya rute pesawat dari Jambi ke Medan dan Jambi ke Padang yang biasanya transit dulu ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, ke depan tak perlu transit lagi sehingga menjadi penerbangan langsung.

Dengan adanya penerbangan langsung ini, Budi yakin perekonomian di Jambi dan sekitarnya bisa tumbuh lebih cepat karena konektivitas yang semakin baik.

"Sekarang orang Jambi mau ke Padang harus ke Jakarta dulu, orang Jambi mau ke Medan juga harus ke Jakarta, jadi harus ada konektivitas yang memberi kemudahan dan mendorong pertumbuhan di daerah," kata Budi saat ditemui di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu (27/12/2015).

Selain itu, penerbangan jemaah haji asal Jambi juga akan diubah. Hub untuk keberangkatan jemaah haji digeser dari Jakarta ke Medan.

"Sekarang Jakarta juga begitu sulit menampung jemaah haji dari seluruh Indonesia. Sekarang kita akan tampung jemaah haji dari Jambi ini mungkin ke Kualanamu di Medan, nggak perlu ke Jakarta, Kualanamu jadi hub baru di Sumatra," paparnya.

Kata Budi, rute baru yang diprioritaskan dibuat dalam waktu dekat adalah penerbangan langsung dari Jambi ke Padang dan Jambi ke Medan.‎

"Yang paling penting rute ke Padang dan Kualanamu. Sebab Kualanamu akan jadi hub, sedangkan kalau Padang secara historis banyak orang Padang tinggal di sini," dia menuturkan.

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha memiliki runway sepanjang 2.225 meter. Runway tersebut bisa digunakan oleh pesawat sekelas Boeing 737-800 untuk terbang selama 3 jam, kira-kira paling jauh sampai ke Thailand.‎

"Panjang runway 2.225 meter. Bisa dipakai Boeing 737-800 sampai Jakarta, Thailand," tutup Budi.

sumber : Michael Agustinus - detikfinance

Advertisement 550B

Advertisement 550C

Advertisement 125

 
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Twitter

Follow by Email

Total Tayangan Halaman